Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendak Bebaskan Musuh Erdogan, 2 Hakim Turki Ditahan

Kompas.com - 01/05/2015, 14:54 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Pemerintah Turki, Kamis (30/4/2015), menerbitkan surat penahanan untuk dua orang hakim yang akan membebaskan 75 orang yang didakwa akan menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Kedua hakim itu akhir pekan lalu, menerbitkan surat perintah untuk membebaskan 74 orang mantan polisi dan pemimpin redaksi stasiun televisi Samanyolu TV Hidayet Karaca dari tahanan.

Semua orang yang hendak dibebaskan itu dituduh sebagai kaki tangan Fethullah Gulen, musuh bebuyutan Erdogan yang kini bermukim di AS. Ke-75 orang itu dituduh bekerja dengan Gulen untuk menggulingkan pemerintah.

Sayangnya, upaya hakim Metin Ozcelik dan Mustafa Baser untuk membebaskan para "musuh" Erdogan itu digagalkan pengadilan tinggi. Bahkan Dewan Hakim dan Jaksa Turki (HSYK) malah menonaktifkan kedua hakim itu. Demikian dikabarkan kantor berita Anatolia.

Selain itu, sebuah pengadilan di Istanbul kini menerbitkan surat penahanan untuk Ozcelik dan Baser dengan alasan keduanya dicurigai menjadi anggota sebuah organisasi ilegal. Harian Hurriyet dan stasiun televisi NTV mengabarkan polisi kini sudah menahan Ozcelik namun masih mencari keberadaan Baser.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com