Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN: Langkah China Bisa Merusak Perdamaian di Laut China Selatan

Kompas.com - 27/04/2015, 09:33 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Upaya China membangun pulau (reklamasi laut) "dapat merusak perdamaian, keamanan, dan stabilitas" di Laut China Selatan yang disengketakan. Demikian pernyataan bersama para pemimpin negara-negara Asia Tenggara yang sedang bertemu dalam sebuah pertemuan puncak di Malaysia, Senin (27/4/2015).

Pernyataan tersebut, yang belum dirilis untuk umum, disiapkan atas nama para pemimpin 10 anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (atau Association of Southeast Asian Nations/ASEAN) yang sedang berkumpul di Kuala Lumpur, Malaysia, untuk pertemuan tahunan.

"Kami berbagi keprihatinan serius yang diungkapkan beberapa pemimpin terkait reklamasi yang dilakukan di Laut China Selatan, yang telah mengikis kepercayaan dan keyakinan dan dapat merusak perdamaian, keamanan, dan stabilitas," kata pernyataan itu.

KTT pada Senin di Kuala Lumpur itu dibuka dalam suasana keprihatinan menyusul sejumlah bukti baru dalam bentuk foto-foto satelit yang dirilis baru-baru ini yang menunjukkan skala reklamasi China di Laut China Selatan. Foto-foto itu menggambarkan armada kapal-kapal China menumpukkan sejumlah besar pasir di terumbu karang rapuh yang juga diklaim Filipina.

Sejumlah negara anggota ASEAN, yaitu Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei, juga mengklaim sebagian wilayah laut itu, yang kaya akan cadangan energi, sumber daya perikanan, dan merupakan jalur penting bagi banyak perdagangan dunia. Namun, Beijing mengklaim hampir semua wilayah itu dan tindakan yang semakin berani untuk menegaskan klaimnya itu telah menyebabkan kekhawatiran akan dominasi China di jalur itu dan berpotensi memicu konflik bersenjata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com