Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja Jalan di China Temukan Puluhan Telur Dinosaurus

Kompas.com - 22/04/2015, 17:09 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Para pekerja yang sedang memperbaiki jalan di kota Heyuan, provinsi Guangdong, China, menemukan puluhan telur dinosaurus saat tengah bekerja.

Penemuan sebanyak 43 butir telur, 19 di antaranya masih utuh, langsung dilaporkan kepada otoritas kepurbakalaan setempat yang langsung mendatangi lokasi.

Setelah diteliti, ke-43 telur itu diperkirakan berusia 65 juta tahun hingga 230 juta tahun, tepatnya dari masa Mesozoic, saat hewan-hewan besar seperti Tyrannosaurus menguasai Bumi.

Arkeolog Du Yuanli, yang mengelola museum setempat, mengatakan bahwa puluhan telur itu berasal dari 14 jenis fosil berbeda. Telur yang terbesar memiliki diameter 13 sentimeter. Kini, puluhan telur purba itu tengah diteliti untuk memastikan usia dan spesies di telur-telur itu.

"Telur-telur itu ditemukan di bebatuan pasir merah, sebuah lingkungan tempat telur-telur dinosaurus banyak ditemukan," kata Yuanli.

"Penelitian lebih lanjut terhadap fosil-fosil telur itu akan dilakukan untuk menentukan spesies di telur-telur tersebut," tambah Yuanli.

Kota Heyuan dikenal sebagai sebuah "titik panas" fosil dinosaurus. Fosil dinosaurus, tulang belulang, jejak kaki, dan puluhan telur dinosaurus kerap ditemukan di berbagai lokasi di kota itu.

Yuanli meminta para warga dan pekerja untuk waspada jika mereka menemukan kembali fosil hewan purba atau telur purba. Dia meminta mereka segera melaporkan temuannya kepada pemerintah.

Pada 2004, Museum Fosil Dinosaurus Heyuan tercatat dalam buku rekor Guinness World Records karena menyimpan koleksi telur dinosaurus dengan jumlah terbesar di dunia, yakni 10.008 butir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com