Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki: Komentar Paus soal Genosida Tak Benar

Kompas.com - 14/04/2015, 08:47 WIB
ANKARA, KOMPAS.com — Turki, Senin (13/4/2015), melontarkan serangan baru terhadap Paus Fransiskus yang sebelumnya pada Minggu mengatakan bahwa pembunuhan massal terhadap orang-orang Armenia yang dilakukan oleh Kekaisaran Turki Usmaniyah satu abad lalu adalah genosida.

Volkan Bozkir, Menteri Turki untuk Urusan Uni Eropa, mengatakan, “Pernyataan (genosida) ini sangat kontroversial dan tidak didasarkan pada dokumen sejarah mana pun. Turki tidak bisa menerima pernyataan itu dan menganggapnya tidak benar."

Turki hari Minggu menarik duta besarnya untuk Vatikan setelah Paus Fransiskus menggambarkan pembantaian tahun 1915 terhadap hampir 1,5 juta orang Armenia sebagai “genosida pertama dalam abad ke 20”.

Paus Fransiskus mengatakan menutup-nutupi atau menyangkal perbuatan jahat adalah seperti ibarat membiarkan luka terus mengucurkan darah tanpa merawatnya.

Turki telah mengakui bahwa orang-orang Armenia yang beragama Kristen tewas dalam bentrokan dengan penguasa Turki Usmaniyah, tetapi dengan marah menyangkal bahwa pembantaian itu bisa disebut sebagai genosida.

Turki mengatakan, jumlah yang tewas telah dibesar-besarkan dan mereka yang tewas adalah korban perang saudara dan kekacauan.

Uni Eropa hari Senin mendesak Turki dan negara tetangganya Armenia untuk memulihkan hubungan setelah kontroversi mengenai komentar Paus tersebut yang disampaikan dalam misa di Basilika Santo Petrus di Roma.

Turki dan Armenia menandatangani perjanjian tahun 2009 untuk membuka perbatasan mereka dan menjalin hubungan diplomatik, tetapi perjanjian itu belum dilaksanakan. Parlemen Eropa mengenang 100 tahun pembantaian itu hari Rabu di Brussels, Belgia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com