Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman Muslim Diminta Ukir Kursi Paus Fransiskus

Kompas.com - 04/04/2015, 22:03 WIB

ZAVIDOVICI, KOMPAS.com
- Seorang seniman muslim diminta oleh gereja Katolik untuk mengukir kursi Paus Fransiskus yang akan berkunjung ke Bosnia pada Juni mendatang.

Edin Hajderovac merupakan seorang seniman muslim Bosnia. Rencananya, kursi yang akan diukir itu digunakan Paus Fransiskus selama memimpin misa di ibukota Sarajevo.

"Ini sebuah penghargaan besar bagi saya yang terpilih dari sejumlah kandidat, termasuk para pematung terkenal," ujar Hajderovac (33) di bengkelnya yang terletak di sebuah kota kecil utara Bosnia. Dia mulai mengerjakan kursi yang penuh detail itu pada pekan ini.

Hajderovac merupakan seniman yang spesialis mengerjakan ornamen-ornamen religius. Beberapa waktu sebelumnya, dia memperoleh kabar bahwa Paus Fransiskus akan berkunjung ke Bosnia pada 6 Juni. Begitu mendengar kabar itu, dia lantas menghubungi ayahnya yang juga seorang pematung untuk menemui seorang pastor lokal, Miro Beslic, guna menawarkan kursi kayu berukir.

Pastor selanjutnya tertarik dengan tawaran itu, dan percaya kursi pesanan itu bisa menjadi upaya rekonsiliasi di Bosnia yang pernah terkoyak perang pada periode 1992-1995.

"Kursi ini akan menjadi simbol kerukunan karena akan menunjukkan persaudaraan antara Muslim dan Katolik. Meskipun saat ini kami tak lagi terpecah, namun tetap ada sedikit ketegangan yang terkadang muncul di antara kedua komunitas," ujar Beslic.

Pada Februari lalu, Paus mengumumkan akan berkunjung ke Bosnia. Dia menyatakan bakal mendorong konsolidasi persaudaraan dan perdamaian di negara pecahan Yugoslavia tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com