Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan Topan Maysak, yang Akan Terjang Filipina, dari Luar Angkasa

Kompas.com - 02/04/2015, 10:03 WIB
KOMPAS.com - Badai angin Topan Maysak saat ini bergerak menuju Filipina dan diperkirakan mencapai wilayah daratan pada akhir pekan. Foto-foto badai tersebut, yang ditampilkan di sini, diambil oleh astronot Italia Samantha Cristoforetti dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Dari stasiun tersebut, para astronot dapat melihat bagaimana dahsyatnya badai ini, yang sebelumnya telah memporak-porandakan negara kepulauan Federasi Mikronesi (FSM), dengan lima orang dilaporkan tewas.

Kini badai angin kencang, dalam bahasa Jepang disebut Taifun dan dalam bahasa Indonesia disebut Topan, yang diberi nama Maysak itu, bergerak melintasi Barat Laut Pasifik menuju ke Filipina.


ABC Topan Maysak segera akan menerjang Filipina
Astronot Italia Samantha Cristoforetti mengabadikan badai itu saat stasiun luar angkasa melintasi Pasifik. Ia kemudian mengunggah foto-fotonya ke laman Facebooknya.

Astronot NASA yang ada di stasiun luar angkasa itu, Terry Virts, tak ketinggalan, dan menulis di akun Twitternya, "Melihat langsung mata topan ini, terbesar yang pernah saya lihat".

"Tampak seperti lubang hitam dalam film-film fiksi-ilmiah," tambahnya.

Sementara itu, pihak berwenang di Negara Federasi Mikronesia, yang terdiri atas 607 pulau-pulau kecil yang tersebar di areal sepanjang 2.500 km, kepada ABC menjelaskan, informasi kerusakan akibat badai ini masih terus dikumpulkan.

ABC Topan Maysak sebelumnya melanda kepulauan Federasi Mikronesi (FSM) dan lima orang dilaporkan tewas di sana.
Di kepulauan Yap misalnya dilaporkan terumbu karang Ulithi rusak setelah diterjang angin dengan kecepatan 300 kilometer perjam.

Marcellus Akapito, staf kepresidenan FSM, mengatakan untuk sementara diperkirakan sekitar 80 persen kepulauan Chuuk dilaporkan rusak.

Chuuk adalah pulau yang pertama diterjang Topan Maysak ini. "Dampaknya di kepulauan ini sangat besar," katanya.

"Pasokan makanan, tanaman dan tempat tinggal, menjadi perhatian kami, makanya sekarang kami menuju ke lokasi," kata Akapito.


ABC Astronot Italia Samantha Cristoforetti mengabadikan badai itu dari Stasiun Luar Angkasa Internasional saat stasiun itu melintasi Pasifik.
Kini topan itu menuju ke Filipina. Pada saat libur Paskah di akhir pekan, badai ini diperkirakan mencapai wilayah daratan di negara kepulauan di utara Indonesia itu.

Menurut perkiraan badan meteorologi di Guam, hingga Jumat (3/4/2015) badai ini masih tetap berada dalam kategori "Super Topan".

Diperkirakan begitu mencapai wilayah daratan, kekuatannya menurun hingga kategori kedua, yang sama dengan kecepatan sekitar 175 km perjam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com