Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengepungan Hotel di Somalia Berakhir, 14 Tewas

Kompas.com - 29/03/2015, 01:07 WIB
MOGADISHU, KOMPAS.com - Pasukan Somali sepanjang Sabtu (28/3/2015) malam, berjuang keras untuk mengakhiri penyanderaan sebuah hotel di ibu kota Mogadhishu oleh kelompok militan Al-Shabab yang secara total menewaskan 14 orang.

Dalam insiden itu, Duta Besar Somalia untuk Swiss Yusuf Bari-Bari termasuk korban tewas dalam serangan yang terjadi pada Jumat (27/3/2015) terhadap hotel Maka al Mukarama yang biasa digunakan para politisi, diplomat dan pebisnis untuk menginap.

Serangan itu terjadi ketika para pejabat pemerintah Somalia yang didukung Barat itu sedang menggelar pertemuan di hotel yang terletak di jalan arteri yang menghubungkan istana presiden dan bandara..

Polisi mengatakan sebanyak lima anggota Al-Shabab yang menyerbu lantai pertama hotel itu tewas di tangan pasukan keamanan.

"Sebanyak 14 orang tewas dan 13 lainnya terluka dalam serangan itu. Para teroris menyerang hotel dengan menggunakan sebuah mobil penuh peledak, sementara lima atau enam teroris menyerang tempat para diplomat dan pemimpin bertemu," kata Menteri Informasi Somalia Mohamed Abdi Heyr Mareye.

Al-Shabab, yang kerap melakukan serangan terhadap ibu kota sebagai upaya mereka menggulingkan pemerintahan yang didukung Barat dan Uni Afrika, mengklaim berada di belakang serangan tersebut.

Juru bicara kepolisian Somalia Kassim Ahmed Roble mengatakan meski situasi sudah terkendali namun baku tembak masih terjadi. Kassim mengatakan Al-Shabab memutuskan aliran listrik hotel sehingga membuat serangan balik pasukan Somalia yang didukung pasukan Uni Afrika semakin sulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com