Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudan Gabung Operasi Militer di Yaman, Pakistan Pikir-pikir

Kompas.com - 26/03/2015, 17:40 WIB
KHARTOUM, KOMPAS.com - Pemerintah Sudah, Kamis (26/3/2015), memutuskan untuk bergabung dengan intervensi militer pimpinan Arab Saudi ke Yaman untuk memukul milisi Houthi yang kini mengepung kota Aden tempat Presiden Abedrabbo Mansour Hadi berada.

"Sudah menyatakan ikut dalam operasi militer di Yaman," demikian kabar yang disampaikan angkatan bersenjata Sudan kepada para wartawan.

Namun, militer Sudan tak memberikan rincian peran yang akan diambil dalam operasi militer itu dan hanya mengatakan juru bicara militer akan segera memberikan keterangan.

Sementara itu, pemerintah Pakistan masih mempertimbangkan permintaan Arab Saudi agar negara itu terlibat dalam koalisi untuk mempertahankan pemerintah Yaman dari serbuan pemberontak Houthi.

"Saya bisa memastikan bahwa kami sudah dihubungi pemerintah Arab Saudi terkait masalah ini dan kami sedang mempertimbangkannya. Itu yang bisa saya katakan saat ini," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, Tasnim Aslam.

Aslam menegaskan sejauh ini pemerintah belum mengambil keputusan apapun terkait penutupan kantor kedutaan besar Pakistan di Sanaa.

Sebelumnya, kantor berita Arab Saudi SPA mengabarkan Pakistan bersama Mesir, Jordania, Maroko dan Sudan sudah menyatakan niatnya untuk berpartisipasi dalam operasi militer di Yaman tersebut.

Sejauh ini, Mesir dan Jordania kemudian disusul Sudan menyatakan bergabung dengan koalisi pimpinan Arab Saudi dalam intervensi militer ke Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com