Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cekcok dengan Istri, Pria Australia Terjun dari Kapal Pesiar

Kompas.com - 25/03/2015, 21:54 WIB

PERTH, KOMPAS.com — Seorang pria berusia 73 tahun bunuh diri dengan cara melompat dari sebuah kapal pesiar di lepas pantai Australia Barat. Thomas Francis Levinge dilaporkan hilang pada 7 Oktober 2013 saat ikut tur kapal pesiar dengan istrinya, dari Fremantle ke Sydney.

Penyidik Barry King mengatakan, rekaman CCTV merekam aksi Thomas memanjat pagar kapal dan melompat ke laut "dengan sengaja dan tanpa ragu-ragu". Barry menyimpulkan, Thomas memang berniat mengakhiri hidupnya dan tak mungkin ia selamat ketika jatuh dari ketinggian sekitar 12-14 meter.

Meskipun telah dilakukan pencarian yang melibatkan tiga pesawat terbang dan sebuah kapal milik Angkatan Laut Australia, tubuh pria tua itu tidak pernah ditemukan.

Penyidik menemukan, Thomas, yang bermigrasi ke Australia dari Irlandia pada 1972, menderita kehilangan memori jangka pendek pada tahun-tahun menjelang kematiannya. Pada September 2013, Thomas dan istrinya memesan kamar di atas kapal pesiar Sun Princess.

Pada malam ketika Thomas menghilang, ia sempat bertengkar dengan istrinya terkait lokasi makan malam di kapal. Nyonya Thomas tak melihat suaminya sepanjang sisa malam itu dan menjadi khawatir ketika pria itu tidak berada di kamar ketika ia bangun keesokan harinya.

Istri Thomas kemudian membunyikan alarm dan awak kapal kemudian mencari pria itu di semua penjuru kapal sambil memanggil namanya beberapa kali dari pengeras suara. Setelah itu, awak kapal melapor ke pihak berwenang atas kemungkinan hilangnya Thomas di lepas pantai Kimberley.

Sebelas hari kemudian, seorang petugas keamanan kapal menemukan rekaman CCTV yang memperlihatkan Thomas melompat ke laut dari buritan kapal. Penyidik mendapatkan informasi dari dokter bahwa kemungkinan Thomas untuk bertahan di dalam air hingga siang hari sangatlah kecil, jika ia masih hidup ketika jatuh.

Barry memerintahkan agar kematian Thomas masuk dalam katagori "tidak diketahui". Namun, dia menyebut bahwa pria tua itu bisa saja meninggal akibat luka yang disebabkan hantaman dengan air, tenggelam, dehidrasi, kelelahan, hipotermia, atau serangan hewan buas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com