Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Gelar Pengintaian Udara untuk Bantu Militer Irak di Tikrit

Kompas.com - 24/03/2015, 20:55 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Pemerintah AS mengatakan akan menyediakan dukungan pengintaian udara untuk pasukan Irak yang sedang bertempur untuk merebut kembali kota Tikrit dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian seorang pejabat pemerintah AS menjelaskan, Selasa (24/3/2015).

Bantuan pengintaian udara itu akan membantu pergerakan pasukan Irak dalam operasi militer terbesar mereka sejauh ini dalam menghadapi ISIS. Saat ini pasukan Irak masih mengepung kota itu namun belum berhasil merebut kembali kota tersebut.

"Koalisi sudah menyediakan bantuan intelijen, pengawasan dan pengintaian (ISR) sejak 21 Maret 2015 atas permintaan pemerintah Irak. AS kini sudah memberikan dukungan itu," ujar seorang perwira senior koalisi yang tak mau disebutkan namanya.

Operasi militer untuk merebut kembali Tikrit dimulai pada 2 Maret lalu yang melibatkan sekitar 30.000 personel militer, polisi dan milisi-milisi bersenjata Syiah.

Operasi militer besar-besaran itu berhasil merebut sejumlah kota di sekitar Tikrit dan mengepung kota kelahiran Saddam Hussein itu. Namun, merebut kembali kota itu ternyata tak mudah karena ISIS telah mempersiapkan pertahanan yang kuat termasuk menanam bom-bom rakitan di jalanan dan gedung-gedung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com