Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militan Pakistan Tembak Mati 2 Sukarelawan Imunisasi Polio

Kompas.com - 17/03/2015, 20:14 WIB
PESHAWAR, KOMPAS.com - Dua pria bersenjata menembak mati dua orang perempuan yang adalah sukarelawan imunisasi polio dan seorang polisi di wilayah barat laut Pakistan. Polisi mengatakan dua penyerang bersenjata itu menembaki para sukarelawan vaksinasi polio di kawasan pegunungan Sheikhabad, 60 kilometer timur laut kota Mansehra.

"Dua orang sukarelawan itu sedang memberikan imunisasi polio dia sebuah kamp pengungsi Afganistan dan sekitarnya ketika dua orang bersenjata menembaki mereka. Satu orang sukarelawan dan polisi tewas serta melukai seorang sukarelawan lainnya," kata kepala kepolisian setempat Muhammad Ejaz Khan, Selasa (17/3/2015).

Ejaz Khan menambakan, satu sukarelawan perempuan lainnya akhirnya meninggal dunia akibat luka-luka yang dideritanya.

Pakistan adalah satu dari hanya tiga negara di dunia yang masih dihinggapi wabah polio. Upaya untuk memberantas polio terkendala serangan brutal kelompok militan terhadap tim imunisasi. Sejak 2012, sebanyak 77 orang yang terkait imunisasi polio di Pakistan tewas.

Kelompok-kelompok militan di Pakistan menganggap imunisasi polio hanyalah kedok untuk memata-matai mereka atau sebuah konspirasi untuk membuat umat Muslim menjadi steril.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com