Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hina Michelle Obama, Presenter TV di AS Dipecat

Kompas.com - 13/03/2015, 09:06 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Seorang pembawa acara populer di Amerika Serikat dipecat setelah menyebut ibu negara AS Michelle Obama mirip seperti pemeran film Planet of the Apes.

Rodner Figueroa, pembawa acara stasiun televisi berbahasa Spanyol, Univision, membuat pernyataan bernuansa rasial itu dalam acara bincang-bincang yang dipadunya, El Gordo Y La Flaca.

Komentarnya itu muncul saat acara itu mengundang seorang perias wajah Paolo Ballesteros, yang belum lama ini merias wajahnya sehingga mirip para selebriti perempuan, termasuk Michelle Obama.

Saat membandingkan paras Paolo dengan foto aktris aslinya, munculah komentar yang tak pantas untuk Michelle Obama itu. "Anda tahu, Michelle Obama mirip salah seorang pemeran dalam film Planet of the Apes," ujar Figueroa dalam bahasa Spanyol.

Mendengar komentar "ngawur" itu, sesama pembawa acara Raul de Molina mencoba untuk mengurangi "kerusakan" yang diciptakan Figueroa. Raul mengatakan Michelle adalah sosok perempuan yang menarik.

Komentar bernuansa rasial itu muncul dalam siaran bincang-bincang yang disiarkan langsung di pesisir timur AS. Komentar tersebut disunting saat disiarkan untuk konsumsi wilayah pesisir barat AS.

Akibat komentar tersebut, Figueroa yang juga pernah mendapat penghargaan Emmy Awards itu harus kehilangan pekerjaan.

"Rodner Figueroa membuat sebuah pernyataan tercela terkait ibu negara Michelle Obama. Pernyataannya itu sama sekali tidak merefleksikan nilai-nilai yang dianut Univision sehingga kami langsung memecat Figueroa," kata juru bicara Univision, Ivelisse Malave.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com