Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baku Tembak Antar-anggota ISIS, 9 Tewas

Kompas.com - 10/03/2015, 15:07 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Sedikitnya sembilan orang tewas akibat baku tembak antar-anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang dipicu keinginan beberapa anggota untuk kabur ke Turki. Demikian kabar dari Lembaga Pemantau HAM Suriah, Selasa (10/3/2015).

Baku tembak itu sendiri terjadi pada Sabtu (7/3/2015) di dekat kota Al-Bab, 30 kilometer sebelah selatan perbatasan Turki-Suriah. Akibatnya, lima anggota ISIS yang berusaha kabur dan empat orang lainnya yang menghalangi upaya itu tewas.

"Para anggota ISIS yang mencoba kabur itu termasuk seorang asal Tunisia dan sembilan orang asal Eropa," ujar Rami Abdulrahman, Direktur Lembaga Pemantau HAM Suriah.

Ini bukanlah kali pertama bagi ISIS, yang menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah, membunuh anggotanya sendiri. Tahun lalu, ISIS membunuh sedikitnya 120 anggotanya hanya dalam dua bulan. Sebagian besar dari mereka adalah warga Barat yang ingin kembali ke negaranya.

Baku tembak akhir pekan lalu itu muncul ketika 10 pejuang membobol penjara yang digunakan untuk menahan para anggota ISIS yang pernah berusaha kabur.

"Lima orang yang berniat kabur berhasil ditangkap kembali dan tidak dibunuh," kata Rami mengutip sejumlah sumber di lapangan.

Ribuan pejuang asing dari berbagai negara di dunia bergabung dengan ISIS di Irak dan Suriah sejak kelompok itu melakukan serangan kilat yang sukses mencaplok sebagian wilayah Irak dan Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com