Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Penimbunan, Venezuela Pasang Pemindai di Pasar Swalayan

Kompas.com - 09/03/2015, 20:22 WIB
KOMPAS.com - Pemerintah Venezuela hari ini, Senin (9/3/2015), mulai memasang sekitar 20.000 pemindai sidik jari di seluruh pasar swalayan di negara itu. Tujuan pemasangan adalah untuk mengurangi penimbunan makanan dan belanja yang disebabkan oleh kepanikan karena kekhawatiran kurangnya pasokan kebutuhan pokok.

Presiden Nicolas Maduro menyatakan tujuh jaringan pasar swalayan swasta telah setuju pada program tersebut.

Selama tiga tahun terakhir, Venezuela mengalami antrean panjang di pasar swalayan karena kelangkaan barang kebutuhan pokok.

Bulan lalu, beberapa pemilik pasar swalayan dan toko serba ada ditahan dengan tuduhan membuat antrean palsu, dan tidak membuka kasir dalam jumlah yang memadai.

Kelangkaan bahan pokok dan obat-obatan kerap menyebabkan kemarahan dan demonstrasi anti-pemerintah, yang kadang dilakukan dengan kekerasan.

Pemerintah telah menerapkan penjatahan di beberapa pasar swalayan milik pemerintah yang terletak di perbatasan dengan Kolombia, tempat penyelundupan barang dan pengendalian harga menjadi masalah besar.

Presiden Maduro menyalahkan para penyelundup asal Kolombia yang membeli barang yang harganya dikendalikan pemerintah di sekitar perbatasan.

Krisis ini diperburuk dengan jatuhnya harga minyak bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com