Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tersangka Pembunuh Aktivis Oposisi Rusia Ditangkap

Kompas.com - 08/03/2015, 01:01 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia, Sabtu (7/3/2015), mengatakan telah menahan dua orang tersangka pembunuh aktivis oposisi Boris Nemtsov yang ditembak mati di dekat Kremlin sepekan lalu.

"Dua orang tersangka pelaku kejahatan ini sudah ditahan hari ini. Mereka adalah Anzor Gubashev dan Zaur Dadayev. Kepala negara sudah mendapatkan informasi ini," kata kepala dinas rahasia Rusia FSB, Alexander Bortnikov.

Bortnikov melanjutkan, kedua orang itu berasal dari kawasan Kaukasus Utara, lokasi Rusia terlibat dua kali perang melelahkan melawan pemberontak Chechnya.

Sementara itu, juru bicara Komite Investigatif yang berkuasa, Vladimir Markin kepada kantor berita Interfax mengatakan kedua tersangka dituduh terlibat dalam sebuah organisasi terlarang dan membunuh Nemtsov.

"Penyelidikan terus berlangsung untuk mencari mereka yang terkait dengan kejahatan ini," ujar Markin.

Pembunuhan aktivis pengkritik pemerintahan Vladimir Putin ini memicu kecaman internasional dan mengejutkan para aktivis oposisi yang menuduh Putin menggunakan media pemerintah untuk memicu histeria massa menentang kelompok yang disebut pemerintah sebagai "pengkhianat".

Nemtsov (55), yang juga pernah bekerja di masa pemerintahan Boris Yeltsin sebagai deputi pertama perdana menteri pada 1990-an, tewas dua hari sebelum dia memimpin sebuah unjuk rasa besar menentang pemerintah.

Aksi unjuk rasa yang awalnya untuk menentang kebijakan Rusia terkait perang di Ukraina itu tetap digelar. Namun, aksi tersebut menjadi sebuah ajang mengenang Nemtsov dengan puluhan ribu orang memadati jalanan kota Moskwa dalam sebuah aksi oposisi terbesar sejak 2011-2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com