Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Gas di Tambang Batubara Ukraina, 33 Tewas

Kompas.com - 05/03/2015, 00:01 WIB

KOMPAS.com - Sebuah ledakan gas pada tambang batubara di daerah Ukraina timur yang dikuasai pemberontak diyakini membuat 33 orang tewas dan membuat 30 orang terperangkap, kata para pemberontak kepada BBC.

Paling tidak 14 penambang juga cedera di tambang Zasyadko, tempat terjadinya bencana tambang terburuk Ukraina hampir delapan tahun lalu di mana 101 tewas.

Kerabat penambang yang cemas berkumpul di tempat kejadian menunggu perkembangan berita. Muncul kekhawatiran para pemberontak kekurangan sumber daya untuk menangani bencana, lapor wartawan BBC Tom Burridge.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menuntut akses ke tambang tersebut bagi tim penyelamat pemerintah dan polisi. Pengurus serikat buruh tambang, Mikhail Volynets, mengatakan kepada saluran televisi Ukraina bahwa dalam beberapa hari terakhir tidak terjadi konflik di daerah tersebut.

Sementara ekonomi Ukraina memburuk sejak konflik mulai terjadi pada bulan April, sebagian tambang batu bara tetap beroperasi di wilayah konflik. Sebelum perang, kecelakaan biasa terjadi di tambang di mana standar keamanannya buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com