Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2015, 12:18 WIB
KOMPAS.com — Para peneliti di Inggris menghitung bahwa panjang rata-rata penis yang sedang ereksi adalah 13,12 cm.

Berdasarkan pada 20 penelitian yang dilakukan terhadap 15.000 orang dari seluruh dunia, mereka juga menemukan bahwa dalam keadaan tidak ereksi, ukuran penis rata-rata adalah 9,16 cm.

Mereka berharap data ini akan membantu untuk "menghibur" orang-orang yang khawatir dengan ukuran penis mereka.

Para peneliti telah membuat sebuah grafik untuk dokter, yang digunakan untuk konsultasi dengan sejumlah pria yang merasa "cemas dengan penis kecil".

Rasa "cemas" ini bisa berakibat jauh, antara lain body dysmorphic disorder, suatu kondisi yang dapat menyebabkan masalah kesehatan mental, seperti depresi.

Tim mengatakan, tabel ini juga bisa digunakan untuk membantu para pria menemukan kondom yang sesuai dan benar.

Penis memiliki ketebalan rata-rata 9,31 cm, meskipun tidak semua penelitian mengacu pada pengukuran ini.

Penelitian, yang diterbitkan dalam BJU International Journal of Urology, mengacu pada sejumlah data yang dikumpulkan oleh para ahli selama beberapa tahun dari sejumlah negara, termasuk Iran, Amerika Serikat, dan India.

Pengukuran ini dilakukan pada laki-laki berusia antara 17 dan 91 tahun. Pengukuran dilakukan oleh seorang profesional, dan ada beberapa keterbatasan dalam penelitian itu.

Para peneliti mengatakan, para pria yang lebih percaya diri dengan ukuran penis mereka cenderung ingin dijadikan sebagai sukarelawan untuk pengukuran penis.

Penelitian ini menunjukkan, tidak ada temuan terkait korelasi antara ras dan ukuran. Mereka juga mengatakan bahwa tidak ada bukti yang mendukung terkait kepercayaan luas bahwa ukuran kaki adalah cermin dari sebuah ukuran penis.

Pekan ini, Inggris akan mengadakan "pesta penis kecil" yang bertujuan untuk mempertemukan orang-orang yang khawatir dengan ukuran penis mereka. Acara ini diselenggarakan oleh Ant Smith, yang dahulu menderita "kecemasan penis kecil".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com