Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis China Mulai Rambah Kutub Selatan

Kompas.com - 03/03/2015, 20:26 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Belum lama ini, sejumlah besar wisatawan China mendarat di Kutub Selatan untuk mengambil foto-foto pernikahan mereka. Sayangnya aksi mereka justru menakuti penghuni asli Kutub Selatan, pinguin.

Seorang fotografer China mengatakan, para pengunjung itu mempertontonkan sikap yang tak beradab selama melakukan sesi pemotretan di daratan yang dilapisi es tersebut. Sejumlah wisatawan bahkan terlihat mengejar-ngejar burung-burung penguin yang berlari panik menghindari para manusia itu.

Jumlah wisatawan China yang mengunjungi kawasan Antartika meningkat jauh lebih banyak dibanding negara-negara lain. Pada November 2011 hingga Maret 2012 tercatat 2.300 orang turis China berkunjung ke Kutub Selatan.

Agen-agen perjalanan di China kini mulai menjaring turis-turis kaya untuk mengunjungi wilayah ekstrem itu.

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke Kutub Selatan harus merogoh kocek antara Rp 200 juta hingga Rp 1 miliar untuk perjalanan antara satu hingga dua pekan di wilayah paling selatan Bumi itu.

Zhang Yifan, seorang penulis lepas yang mengunjungi Antartika dengan 200 orang turis Chna saat Tahun Baru China belum lama ini mengatakan perilaku kelompoknya tak jauh berbeda dengan para turis China lainnya.

"Saya memang tak melihat mereka membuang sampah atau meludah sembarangan. Mereka hanya berada terlalu dekat dengan para pinguin untuk mengambil foto mereka," kata Yifan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com