Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bali Nine" Akan Dieksekusi, Ajang Indofest di Adelaide Ditunda

Kompas.com - 03/03/2015, 17:51 WIB

ADELAIDE, KOMPAS.com — Sejumlah acara yang menjadi bagian dari penyelenggaraan salah satu festival terbesar Indonesia di Australia, Indofest di Adelaide, Australia Selatan, ditunda terkait rencana eksekusi dua warga Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Puncak acara Indofest sedianya akan digelar pada 13 April 2015 di Rymill Park, Adelaide. Sejak dimulai pada tahun 2008, festival ini selalu menarik banyak pengunjung, dengan rata-rata 15.000 orang hadir selama beberapa tahun terakhir.

Selain itu, panitia Indofest juga menyelenggarakan kegiatan lain, seperti pertemuan bisnis, pameran di museum, dan pertunjukan musik di pusat pertokoan dan kegiatan lain, dalam festival yang disebut sebagai kegiatan mempromosikan Indonesia terbesar di luar negeri.

Sekretaris Asosiasi Indonesia-Australia (AIA) Chris Majewski mengatakan kepada ABC bahwa sekarang berbagai kegiatan Indofest akan ditunda dan diselenggarakan pada kemudian hari. AIA adalah penyelenggara festival Indofest yang melibatkan masyarakat Indonesia di Adelaide.

"Setelah melakukan pertimbangan serius, panitia memutuskan bahwa beberapa kegiatan, khususnya kegiatan terbesar Indofest di Rymill Park, dan pertunjukan di mal, yang terbuka untuk publik, sebaiknya tidak diselenggarakan saat ini," kata Majewski.

"Kami mempertimbangkan dalam konteks Australia bahwa sekarang bukan waktu yang tepat, dan sebaiknya ditunda dan diselenggarakan pada kemudian hari," kata Majewski.

Kegiatan lain yang masih tetap diselenggarakan dan tidak melibatkan pengunjung dalam jumlah besar adalah kegiatan di sekolah, di galeri seni, dan di taman raya. Majewski mengatakan bahwa AIA adalah organisasi kemasyarakatan yang diselenggarakan oleh para sukarelawan, dan bukannya organisasi politik.

"Perhatian kami adalah bagi warga Australia dan Indonesia," katanya.

"Kami tidak terlibat dalam kegiatan politik sama sekali sehingga saya tidak akan memberikan komentar mengenai situasi yang ada sekarang dari sisi politik," tambah Majewski.

"Namun, menurut kami, warga Australia pada umumnya akan berpandangan bahwa tidaklah tepat waktunya jika menyelenggarakan peristiwa besar seperti ini dalam konteks situasi sekarang."

Majewski tidak bisa menjelaskan jadwal baru untuk kegiatan ini. Namun diharapkan, acara tersebut tetap akan diselenggarakan pada 2015.

Dia mengatakan, Indofest setiap tahunnya mendapat banyak sponsor, dan mereka akan tetap menjadi sponsor meski kegiatan ditunda. "Tidak ada sponsor, yang sejauh ini sudah menyatakan akan mendukung, mengatakan bahwa mereka menarik partisipasi mereka," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com