Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Kekasih Fidel Castro Meninggal Dunia

Kompas.com - 03/03/2015, 17:13 WIB

HAVANA, KOMPAS.com - Mantan kekasih pemimpin revolusi Kuba, Fidel Castro, yang menyumbangkan uang dan perhiasan untuk mendukung revolusi Kuba meninggal dunia.

Natalia Revuelta -warga kelas atas Kuba- meninggal dunia pada usia 89 tahun di ibu kota Havana dan sudah dikremasi dalam upacara khusus yang hanya dihadiri anggota keluarga dekat.

Dia pertama kali bertemu dengan Fidel pada tahun 1952, yang kemudian menggunakan rumah Natalia untuk rapat-rapat dalam merencanakan revolusi. Keduanya kemudian berpacaran sampai memiliki seorang anak perempuan, Alina, namun tidak pernah menikah resmi.

Setelah berhubungan dengan Castro, yang sudah lebih dulu menikah dengan Mirta Diaz-Balart, Natalia bekerja di berbagai posisi dalam pemerintahan Kuba. Natalia Revuelta disebut-sebut merupakan salah seorang perempuan tercantik di Kuba pada masa mudanya.

Lahir pada tahun 1925, kedua orangtuanya bercerai ketika dia masih anak-anak namun ibunya menikah lagi dengan seorang pimpinan perusahaan listrik milik Amerika Serikat di Havana.

Dia sempat bersekolah di Amerika Serikat, antara lain belajar ilmu bisnis di Washington, sebelum kembali ke Havana pada usia 19 tahun dan bekerja di perusahaan minyak Amerika Serikat, Standard Oil, sebelum menikah dengan seorang ahli bedah jantung Orlando Fernandez.

Untuk mendukung revolusi Castro, Revuelta sampai bersedia menghabiskan tabungannya dan menjual perhiasan.

Dalam sebuah wawancara tahun 2008 dengan sebuah surat kabar Spanyol, Revuelta mengaku tidak pernah sakit hati dengan Castro yang menempatkan revolusi lebih penting dari kehidupan pribadi. "Namun diperlukan banyak tahun untuk mengeluarkan dia dari hatiku," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com