Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Bebaskan 19 Warga Kristen Suriah yang Diculik

Kompas.com - 02/03/2015, 12:53 WIB
KOMPAS.com - Sembilan belas dari 220 orang anggota komunitas Kristen Asiria yang diculik oleh kelompok Negara Islam atau ISIS di timur laut Suriah telah dibebaskan, kata para aktivis.

Kelompok pemantau hak asasi manusia Suriah mengatakan, seorang komandan Asiria telah diberitahu tentang pembebasan ini.

Beberapa laporan mengatakan pembebasan tersebut dilakukan dengan pertukaran sejumlah uang.

Penculikan terjadi tak lama sebelum dini hari pada tanggal 23 Februari. Kelompok Negara Islam (ISIS) menyerang sekitar 12 desa. Para pria, wanita dan anak-anak sejumlah desa, yang terletak di tepi selatan sungai Khabur, dekat kota Tal Tamr, dijadikan tawanan.

Seorang wanita Asiria yang menghadiri misa di Damaskus dalam aksi solidaritas dengan Kristen Asiria diculik oleh anggota Negara Islam di Suriah (1 Maret 2015)

Kristen Asiria merupakan komunitas Kristen tertua di dunia

Para wartawan mengatakan komunitas Kristen Asiria, yang menderita akibat sejumlah penculikan, merasa bahagia dengan berita pembebasan ini, meskipun ada kekhawatiran bagi mereka yang masih ditahan.

Para pejabat Kristen Asiria mengatakan bahwa 16 pria dan tiga wanita yang dibebaskan telah tiba dengan selamat pada hari Minggu di Gereja Perawan Maria di kota Hassakeh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com