Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Muslim Norwegia Buat Pagar Betis Jaga Sinagoge Oslo

Kompas.com - 23/02/2015, 19:07 WIB
OSLO, KOMPAS.com — Lebih dari 1.000 warga Muslim Norwegia membentuk pagar betis di luar sinagoge terbesar di Oslo pada Sabtu (21/2/2015). Penjagaan ini merupakan inisiatif para pemuda Muslim setempat.

Inisiatif ini muncul menyusul serangkaian serangan terhadap warga Yahudi Eropa, termasuk serangan di Paris pada Januari, dan di Denmark pada pekan lalu.

Salah satu dari delapan pelaksana independen inisiatif di Oslo, Hajrah Arshad, mengatakan, kegiatan ini menunjukkan bahwa agama Islam lebih menonjolkan cinta dan persatuan.

"Kami ingin menunjukkan bahwa umat Yahudi dan Islam tidak saling membenci. Kami tak ingin satu individu mendefinisikan Islam untuk kami semua," kata Zeeshan Abdullah, salah seorang penyelenggara aksi.

"Masih banyak orang yang lebih menginginkan perdamaian ketimbang peperangan," tambah Abdullah.

Sementara itu, Rabi Utama Norwegia Michael Melchior melantunkan lagu akhir hari Sabat Yahudi di luar sinagoge sebelum massa saling bergandengan tangan.

Seorang penyelenggara aksi ini, Hassan Raja, mengatakan, itulah kali pertama dia mendengarkan sebuah lagu rohani Yahudi.

Ervin Kohn, ketua komunitas Yahudi Oslo, mengatakan, aksi pagar betis yang digelar dalam suhu dingin di bawah titik beku ini sangat unik.

Insiden anti-Yahudi meningkat di beberapa negara Eropa yang dimulai sejak konflik terakhir Israel-Palestina di Gaza pada tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com