Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Biayai Operasinya, ISIS Diduga Jual Organ Tubuh Manusia

Kompas.com - 18/02/2015, 20:01 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Duta Besar Irak untuk PBB Mohamed Alhakim , Rabu (18/2/2015), mendesak PBB untuk menyelidiki dugaan penjualan organ tubuh manusia yang dilakukan Negara Islam Irak dan Suriah untuk membiayai operasi kelompok itu.

Alhakim menambahkan dalam beberapa pekan terakhir sejumlah jasad dengan luka sayatan bedah dan tak memiliki hati atau organ tubuh lainnya ditemukan di beberapa kuburan massal.

"Kami menemukan jasad-jasad itu. Datang dan periksalah. Sangat jelas sejumlah organ tubuh hilang dari jasad-jasad itu," kata Alhakim.

Alhakim menambahkan, ISIS juga mengeksekusi puluhan dokter di Mosul setelah mereka menolak ikut untuk "memanen" organ-organ tubuh manusia.

Selain memaparkan soal dugaan penjualan organ tubuh manusia oleh ISIS, di hadapan Dewan Keamanan PBB memaparkan situasi terkini di Irak. Alhakim menyebut ISIS tengah melakukan kejahatan genosida dengan mengincar kelompok etnis tertentu.

Sementara itu, utusan khusus PBB untuk Irak Nikolay Mladenov mengatakan bahwa 790 orang tewas sepanjang Januari di Irak akibat terorisme dan kekerasan bersenjata. Dia mengatakan tujuan utama Irak saat ini adalah merebut kembali wilayah yang diduduki ISIS selama setahun terakhir ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com