Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang Anggaran, Militer Portugal Jual Barak dan Benteng

Kompas.com - 28/01/2015, 06:20 WIB
LISBON, KOMPAS.com - Angkatan Darat Portugal yang sedang kekurangan anggaran berusaha mengisi kas mereka dengan menjual atau menyewakan sekitar 160 properti miliknya.

Di antara properti militer Portugal yang dijual atau disewakan adalah sejumlah barak, benteng, landasan udara dan beberapa rumah sakit militer.

Lewat upaya ini, angkatan darat berharap bisa mendapatkan dana sebesar 170 juta euro atau sekitar Rp 2,4 triliun yang akan digunakan untuk program modernisasi.

Dari target yang ditetapkan itu, pemerintah Portugal berharap bisa menghasilkan 32 juta euro pada 2015 dan 20 juta euro setiap tahun selama tujuh tahun selanjutnya.

Dokumen yang merinci properti militer yang dijajakan tidak dirilis secara resmi, namun setidaknya 12 benteng dan barak di seluruh Portugal dan tiga rumah sakit militer di ibu kota Lisbon ada dalam daftar jual.

Beberapa bangunan yang ditawarkan itu adalah bagian dari sejarah Portugal seperti Castelo do Quijo di kota Porto yang sudah digunakan sejak abad ke-17. Bangunan lainnya adalah benteng Fort do Alto do Duque yang dibangun pada abad ke-19 yang berdiri di kawasan wisata Belem, Lisbon.

Sederet properti itu dijual dalam skema program restrukturisasi besar-besaran angkatan darat. Tak hanya menjual aset, untuk menghemat anggara militer memangkas 10 persen prajuritnya hingga hanya menjadi 31.560 personel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com