Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Sayap Kiri Yunani Menang Pemilu

Kompas.com - 26/01/2015, 11:27 WIB
KOMPAS.com - Partai Syriza yang merupakan partai sayap kiri telah memenangkan pemilihan umum Yunani. Hasil pemilu itu menempatkan Yunani pada kemungkinan beda pandangan dengan Uni Eropa terhadap krisis keuangan Yunani.

Hampir 75 persen suara pemilih pada pemillu yang berlangsung Minggu (26/1/2015) sudah dihitung dan Syriza diperkirakan akan menang 149 kursi, hanya kurang dari dua kursi untuk mendapatkan mayoritas mutlak. Namun, angkap itu masih dapat berubah.

Pemimpin Syriza Alexis Tsipras, yang ingin melakukan negosiasi ulang utang Yunani, mengatakan "orang-orang Yunani telah menoreh sejarah".

Partai sayap kanan yang saat ini menguasai pemerintahan Yunani berada pada posisi kedua dalam pemilu kali ini. Perdana Menteri Antonis Samaras telah mengakui kekalahannya dan menelepon Tsipras untuk mengucapkan selamat.

Hasil Pemilu ini akan membuat kejutan di Eropa, lapor wartawan BBC Gavin Hewitt di Athena. Mayoritas pemilih di Yunani menolak kebijakan untuk menangani krisis ekonomi Eropa yang dirancang oleh Brussel dan Berlin, tambah Hewitt.

Tsipras berjanji untuk menegosiasikan solusi krisis keuangan yang adil dan menguntungkan bagi semua pihak. Dia sebelumnya bersumpah untuk mengubah banyak langkah-langkah penghematan yang diterapkan sejak serangkaian dana talangan diberikan kepada Yunani pada tahun 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com