Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong-un Dijadwalkan Hadiri Peringatan KAA ke-60 di Bandung

Kompas.com - 25/01/2015, 11:54 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kemungkinan akan menghadiri pertemuan internasional sebagai peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang akan diselenggarakan di Bandung, Indonesia.

Sebagaimana dikutip dari yonhap.kr.co, Minggu (25/1/2015), hal itu diungkapkan oleh seorang sumber dari Korea Utara. Jika kehadiran itu benar-benar terjadi, hal ini merupakan yang pertama bagi pemimpin Korea Utara itu menghadiri pertemuan internasional.

Semenjak dia mengambil alih pemerintahan Korea Utara pada 2011, belum pernah ada laporan resmi mengenai perjalanan luar negeri Kim Jong-un.

Sementara itu, sumber-sumber di Korea Selatan juga menyebutkan bahwa kemungkinan besar Kim Jong-Un akan hadir dalam peringatan KAA di Bandung, dan akan menjadi perjalanan internasional pertamanya.

Rencananya, peringatan KAA ke-60 akan dilangsungkan pada April 22-23. Sejauh ini Pemerintah Indonesia berharap kedua Korea akan hadir pada pertemuan yang akan digelar.

Bagaimanapun, Konferensi Asia Afrika sangat dikenang oleh Korea Utara. Pertemuan yang melahirkan gerakan non-blok pada 1955 itu pernah digunakan oleh Korea Utara sebagai ajang kampanye. Pada 1965, pendiri Korea Utara Kim Il-sung hadir dalam peringatan ke-10 gerakan tersebut.

Pada pertemuan itu, Kim Il-sung juga ditemani Kim Jong-il, yang merupakan penerusnya sekaligus ayah dari Kim Jong-un.

"Bagi Kim Jong-un, yang sangat mengagumi Kim Il-sung, pertemuan Bandung akan menjadi pertemuan diplomatik yang penting,"ujar sumber dari pemerintah Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com