Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja Migran Miskin China Kembalikan Rp 260 Juta Temuannya

Kompas.com - 25/01/2015, 00:17 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Sudah banyak kisah tentang kejujuran seorang manusia dituturkan. Kisah serupa yang terjadi di Nanjing, China ini akan menambah panjang deretan orang jujur di dunia ini.

Seorang pria bernama Wu Xuede (48) adalah seorang pekerja migran asal Suzhou, provinsi Anhui, China. Suatu hari, Wu pergi ke lokasi bursa kerja untuk mencari pekerjaan.

Bukannya mendapat pekerjaan, Wu malah menemukan sebuah tas yang setelah diperiksa berisi uang tunai sebesar 130.000 yuan atau sekitar Rp 260 juta.

Wu yang hanya seorang pekerja migran miskin belum pernah melihat uang sebesar itu seumur hidupnya. Tanpa memberitahu siapapun dia membawa uang itu pulang.

Ternyata, tanpa diketahui peristiwa Wu menemukan tas berisi uang itu terekam kamera CCTV di tempat itu. Akibatnya polisi dengan mudah mengidentifikasi pria tersebut.

Beruntung, polisi tidak langsung menahan Wu namun memilih untuk mengirim SMS kepada pria itu membujuknya untuk mengembalikan uang yang ditemukannya.

Wu, di kediamannya, yang merasa bingung ternyata belum menggunakan uang temuannya itu sepeserpun. Setelah tiga hari menimbang-nimbang akhirnya dia memutuskan untuk menyerahkan uang tersebut ke kantor polisi.

"Saya sudah lebih dari enam bulan berada di Nanjing. Dalam beberapa bulan pertama, saya sudah berganti pekerjaan tiga kali dan hanya menghasilkan 4.000 yuan (Rp 8 juta), akibat pasar kerja yang buruk," ujar Wu kepada kantor berita Xinhua.

"Bahkan dalam beberapa pekan terakhir, saya belum mendapatkan satupun pekerjaan. Saya memiliki dua putra dan keduanya belum menikah," lanjut Wu.

"Saya akui butuh tiga tahun kerja keras untuk mendapatkan 130.000 yuan. Tapi saya bukan orang jahat. Saya tak mau menyimpan uang yang bukan milik saya," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com