Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS-Inggris Tuan Rumah Pembicaraan Tentang ISIS di London

Kompas.com - 18/01/2015, 09:21 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond, dan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, akan menjadi tuan rumah pertemuan di London pada Kamis mendatang bagi para anggota koalisi yang melawan kelompok Negara Islam atau ISIS, kata sejumlah pejabat. Pembicaraan sehari itu akan melibatkan para menteri luar negeri dari sekitar 20 negara, termasuk negara-negara Arab, untuk membahas sejauh mana kemajuan dalam menanggulangi kaum militan Islam yang menempati sebagian bagian wilayah di Irak dan Suriah.

Seorang pejabat Inggris memastikan pertemuan tersebut akan berlangsung di Lancaster House di pusat kota London, dua minggu setelah serangan mematikan di Paris oleh tiga orang bersenjata yang mengaku bertindak atas nama Al Qaeda dan kelompok ISIS. "Ini akan menjadi kesempatan penting untuk meninjau dan menilai kemajuan yang dicapai sejauh ini dalam upaya bersama kami mengatasi ideologi ISIS," kata Hammond kepada harian Daily Telegraph.

"Para mitra aktif dan utama dalam koalisi, termasuk para mitra Arab kami, akan berkumpul di London untuk memutuskan apa lagi yang perlu kami lakukan untuk menekan dan mengalahkan ISIS. Penting bahwa kami mempertimbangkan apa lagi yang kami semua bisa lakukan untuk mengatasi masalah milis asing, untuk memotong jalur pembiayaan ISIS, untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan dan melanjutkan tindakan militer terkoordinasi kami."

Pertemuan itu akan berlangsung setelah Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Inggris David Cameron bertemu di Washington pekan ini.

Menurut pejabat itu, diskusi akan fokus pada lima bidang, yaitu para milisi asing, langkah militer terhadap ISIS, sumber-sumber keuangannya, komunikasi strategis dan bantuan kemanusiaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com