Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama 10 Tahun, Pasutri Uzur Adopsi 60 Ekor Hewan Jalanan

Kompas.com - 15/01/2015, 20:51 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Sepasang suami istri berusia lanjut di kota Chengdu, provinsi Sichuan, China telah mengadopsi 60 ekor anjing dan kucing jalanan selama 10 tahun terakhir. Tak hanya itu, mereka juga rela merogoh kocek hingga ratusan ribu yuan untuk memmbeli makanan bagi hewan-hewan telantar itu.

Situs berita NetEase mengabarkan pasangan suami istri itu mengatakan mereka mulai menampung kucing dan anjing jalanan sejak 2005, saat mereka menemukan seekor kucing sakit terjebak di atap kediaman mereka.

"Tak seorangpun menolong kucing itu. Jadi kami menyelamatkannya dan membawanya ke rumah untuk dirawat. Setelah sembuh, kucing itu kemudian tinggal bersama kami," kata sang suami yang hanya mengaku bernama Hu.

Semua orang yang tinggal di lingkungan tempat tinggal Hu sudah mengetahui bahwa pasangan suami istri itu secara berkala menolong hewan-hewan liar di jalanan. Bahkan para tetangga selalu membawa anjing dan kucing liar ke kediaman Hu.

Istri Hu adalah seorang pensiunan perawat. Dialah yang membersihkan dan memberikan suntikan obat secara rutin agar hewan-hewan itu tetap sehat.

"Saya menjadi dokter hewan saat biaya pengobatan di rumah sakit hewan menjadi terlalu mahal bagi kami," kata perempuan itu.

Selama 10 tahun terakhir, Hu dan istrinya sudah merawat sekitar 60 ekor anjing dan kucing. Hu, istrinya dan hewan-hewan itu tinggal bersama di kediaman mereka yang berukuran 20 meter persegi.

Tak hanya tinggal bersama, setiap pukul 12.30 hingga 14.00 Hu, istrinya dan ke-60 hewan peliharaan mereka bersantap bersama. Lalu berapa biaya yang dibutuhkan Hu untuk menghidupi "keluarganya" itu?

"Kami membutuhkan 3.000 yuan (Rp 6 juta) untuk hewan-hewan ini. Sementara untuk sewa rumah kami membayar 600 yuan (Rp 1,2 juta) sebulan," kata Hu.

"Kami menghabiskan semua tabungan kami untuk merawat mereka. Saya berharap ada orang baik yang bisa membantu kami dengan mengadopsi mereka. Kami tak menginginkan uang kami hanya meminta mereka menyayangi hewan-hewan ini," ujar Hu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com