Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Peringatkan Ancaman Teror Global Setelah Serangan di Perancis

Kompas.com - 10/01/2015, 08:33 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika Serikat (AS), Jumat (9/1/2015) waktu setempat, memperingatkan warganya untuk selalu waspada terhadap "tindakan teroris dan kekerasan" di seluruh dunia, menyusul serangan di kantor majalah satire Charlie Hebdo dan supermarket Yahudi di Paris, Perancis.

"Serangan teroris baru-baru ini, baik yang dilakukan orang-orang yang berafiliasi dengan entitas teroris, para peniru, maupun pelaku individual, dapat berfungsi sebagai pengingat bahwa para warga AS harus mempertahankan tingkat kewaspadaan yang tinggi dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan mereka," kata Departemen Luar Negeri negara itu.

Imbauan tersebut merupakan pembaruan dari peringatan sebelumnya yang terbit pada 10 Oktober 2014 dan keluar tiga hari setelah pertumpahan darah di Perancis yang dimulai pada Rabu ketika dua militan Islam yang bersenjata berat menyerbu kantor Charlie Hebdo dan menewaskan 12 orang. Dalam sebuah serangan yang berbeda, empat orang lain lagi tewas pada Jumat di sebuah supermarket Yahudi di Paris.

Pernyataan Departemen Luar Negeri AS itu mengatakan, serangan bom koalisi pimpinan AS terhadap kelompok Negara Islam atau ISIS di Irak dan Suriah membuat warga dan kepentingan AS menjadi sasaran pembalasan, "terutama di Timur Tengah, Afrika Utara, Eropa, dan Asia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com