Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Philae, Anak Anjing yang Jadi Kado Natal untuk Presiden Perancis

Kompas.com - 26/12/2014, 19:43 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
PARIS, KOMPAS.com — Presiden Perancis Francois Hollande menjadi satu lagi presiden yang mendapatkan kiriman anak anjing lucu saat berkuasa. Tak sekadar menyemarakkan Natal bagi Hollande, anjing ini juga menjadi simbol sekaligus membawa keceriaan di istananya.

Anak anjing hitam berumur tiga bulan dari jenis Labrador, yang dinamai Philae, tiba di Istana Kepresidenan Perancis, tepat pada hari Natal, Kamis (25/12/2014), sebagai hadiah untuk Hollande dari para veteran perang Kanada.

Kedatangan Philae langsung menebar sukacita di istana kepresidenan yang selama beberapa waktu dilanda kemurungan.

Istana dilanda kemurungan akibat situasi ekonomi dan politik yang suram, ditambah perselingkuhan Hollande dengan aktris Julie Gayet yang memunculkan perseteruan terbuka dengan pasangannya, Valerie Trierweiler.

Popularitas Hollande pun sepanjang tahun ini turun drastis ke level terendah, seiring persoalan dengan lapangan kerja dan ketenagakerjaan di sana.

Namun, popularitas Hollande perlahan kembali naik pada bulan ini, dan kini dia punya "teman" baru.

Menurut salah satu staf yang menolak disebutkan namanya, Philae dipilih sebagai nama anak anjing itu bukan tanpa dasar. Menurut dia, nama itu bagus dan simbolis, sebuah kenangan positif bagi kemampuan Perancis dan Eropa pada 2014.

Philae juga merupakan nama roket milik Eropa yang pada November 2014 menjadi roket pertama yang mendarat di komet.

Kehadiran anak anjing di istana kepresidenan bukan baru sekarang terjadi. Valery Giscard d'Estaing, Francois Mitterrand, Nicolas Sarkozy, dan Jacques Chirac juga pernah punya anjing selama tinggal di istana ini.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga punya dua anjing di istana. Presiden yang dikenal sebagai penyayang binatang ini bahkan sering berfoto bersama kedua anjing tersebut, bersama keluarga pula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com