Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Internet Korea Utara Lumpuh

Kompas.com - 23/12/2014, 10:11 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com — Korea Utara mengalami gangguan jaringan internet yang parah dan akses internet negara tersebut lumpuh total. Demikian ungkap pengamat. Gangguan ini terjadi beberapa hari setelah Amerika Serikat menuduh Korea Utara berada di balik serangan cyber terhadap Sony Pictures.

Presiden AS Barack Obama berjanji akan memberikan respons secara "proporsional". Namun, para pejabat tidak mengomentari keterlibatan AS dalam gangguan jaringan tersebut.

Para pengamat mengatakan, masalah teknis atau serangan cyber mungkin merupakan penyebab dari gangguan internet di Korea Utara.

"Selama 24 jam terakhir, konektivitas Korea Utara ke dunia luar semakin menurun hingga mencapai titik mereka sekarang benar-benar offline," kata Doug Madory, pengamat dari perusahaan analisis internet, Dyn Research.

Arbor Networks, sebuah layanan teknologi internet, mengatakan, mereka mendeteksi denial-of-service terhadap infrastruktur Korea Utara sejak Sabtu (20/12/2014).

Hanya sebagian kecil orang memiliki akses internet di Korea Utara, salah satu negara yang paling tertutup di dunia.

Penarikan film

Pekan lalu, Pemerintah AS mengatakan penyelidikan FBI menunjukkan bahwa Korea Utara berada di balik serangan peretasan pada Sony yang menyebabkan film yang belum pernah dirilis dan e-mail pribadi bocor secara daring.

Korea Utara membantah bertanggung jawab terhadap insiden tersebut.

Namun, Korea Utara memuji serangan terhadap Sony dan selama berbulan-bulan mengutuk film The Interview, yang menggambarkan pembunuhan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Sony akhirnya membatalkan rilis film tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com