Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Mau Bayar Kompensasi 60 Juta Dollar AS untuk Korban "Holocaust"

Kompas.com - 05/12/2014, 23:27 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Perancis bersedia membayar ganti rugi 60 juta dollar AS--setara sekitar Rp 720 miliar--sebagai kompensasi bagi warga negara Amerika maupun negara lain yang selama Perang Dunia II dikirim ke kamp konsentrasi Nazi memakai gerbong kereta milik Perancis.

Kesepakatan itu dicapai pada Jumat (5/12/2014), setelah proses negosiasi dan diplomasi selama paling tidak dua tahun terakhir. Dengan dicapainya kesepakatan ini, perusahaan kereta api Perancis (SNCF) bisa "bertarung" untuk mengikuti tender proyek utama di Maryland, salah satu negara bagian Amerika. 

"Amerika dan Perancis telah mencapai kesepakatan bersejarah berupa kompensasi yang substansial, terkait deportasi oleh Perancis selama Holocaust," kata negosiator Amerika, Stuart Eizenstat, Jumat.

Menurut Eizenstat, kesepakatan ini merupakan satu lagi pengukur keadilan bagi mereka yang terluka selama Perang Dunia II. Dia menyebut masa itu sebagai era tergelap dalam sejarah manusia. Dia pun berpendapat kesepakatan ini juga bakal mempererat kemitraan antara Amerika dan Perancis.

Beberapa ribu orang dapat mengklaim kompensasi ini. Di antara ribuan orang tersebut, hak untuk mengklaim kompensasi itu juga berlaku untuk mereka yang berkewarganegaraan Israel dan Kanada, tak hanya untuk warga Amerika.

Selama pendudukan Jerman di Perancis, rezim Nazi telah mengirimkan  sekitar 76.000 orang ke kamp konsentrasi menggunakan gerbong kereta milik Perancis, pada kurun 1942 hingga 1944.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com