Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pemimpin Unjuk Rasa Hongkong Menyerah

Kompas.com - 02/12/2014, 16:01 WIB
HONGKONG, KOMPAS.com - Tiga pencetus utama kelompok pro-demokrasi gerakan Occupy Central, Selasa (2/12/2014), sambil berderai air mata memutuskan untuk menyerahkan diri kepada polisi dan meminta para pengunjuk rasa yang masih bertahan untuk mundur.

"Di saat kami mempersiapkan diri untuk menyerah, kami bertiga meminta para pelajar untuk mundur, menanamkan akar di masyarakat dan mengubah cara pergerakan," kata pemimpin Occupy Central, Benny Tai.

Pengumuman itu muncul setelah ratusan pengunjuk rasa pro-demokrasi bentrok dengan polisi Minggu malam mengakibatkan puluhan orang terluka, dalam malam paling penuh kekerasan sejak aksi ini dimulai dua bulan lalu.

Benny Tai mengatakan dia dan kedua temannya akan menyerahkan diri pada Rabu (3/12/2014), sebagai sebuah komitmen terhadap hukum serta prinsip perdamaian dan cinta.

"Menyerahkan diri bukan sebuah aksi pengecut, ini adalah aksi berani berdasarkan sebuah janji. Menyerang bukan untuk gagal, ini merupakan sebuah kritik senyap terhadap sebuah pemerintahan yang tak memiliki nurani," tambah Benny.

Benny memuji keberanian para pengunjuk rasa dan mengkritik polisi telah lepas kendali sekaligus mengatakan sudah waktunya para pengunjuk rasa meninggalkan tempat berbahaya itu.

Benny Tai, Chan Kin-man dan Chu Yiu-ming mendirikan kelompok perlawanan sipil Occupy Central pada awal 2013 untuk mendorong reformasi politik di Hongkong. Namun, belakangan kelompok ini lebih banyak berada di belakang aksi setelah kelompok pelajat yang lebih radikal mulai mengambil alih gerakan pro-demokrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com