Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiongkok Larang Parlemen Inggris Memasuki Hongkong

Kompas.com - 01/12/2014, 05:02 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Anggota legislatif dari Inggris tidak diizinkan memasuki Hongkong. Hal itu dikatakan langsung oleh kepala parlemen Inggris, Minggu (30/11/2014).

"Saya baru diberitahu oleh kedutaan Tiongkok, jika kami berkunjung ke Hongkong maka kami akan ditolak," kata kepala parlemen bidang hubungan internasional, Richard Ottoway dalam pernyataannya.

"Kami dari anggota parlemen negara demokrasi yang ingin menyelediki kerja dari kedutaan Inggris yang bekerja di Hongkong. Pemerintah Tiongkok bertingkat sangat berlebihan."

Komisi tersebut berniat menyelidiki hubungan antara Inggris dengan Hongkong selama 30 tahun terakhir setelah negeri itu menyerahkannya kepada Tiongkok.

Kabar dari ditolaknya rencana kedatangan anggota komisi dari parlemen Inggris itu bertepatan dengan bentrokan dari demonstran pro-demokrasi dengan kepolisian di Hongkong. Sementara itu, Kedutaan Besar Tiongkok belum bisa dihubungi untuk dimintai tanggapannya.

Di awal tahun ini, pemerintah Tiongkok melarang keterlibatan negara asing dalam urusan dalam negerinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com