Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2014, 16:50 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Warga sebuah kota di Central West, New South Wales, Australia, didorong untuk merencanakan kematian mereka dari sekarang untuk meringankan beban bagi keluarganya.

Mantan Presiden Organisasi Mati dengan Harga Diri (Dying with Dignity), Richard Mills, menyelenggarakan pertemuan dengan masyarakat di kota Orange, Central West, NSW, guna membahas beragam isu, termasuk di antaranya perawatan paliatif.
 
Perawatan tersebut ialah perawatan interdisipliner yang berfokus kepada pasien dengan penyakit serius atau yang mengancam jiwa, yang bertujuan untuk mengurangi beban penyakit, meringankan penderitaan, dan mempertahankan kualitas hidup pasien. 
 
Sejumlah warga kota Orange meyakini perawatan paliatif di wilayah mereka tidak memadai.
Dewan kota Orange saat ini tengah menyebarkan petisi yang mendesak diperbaruinya sumber daya dan penyediaan bangsal khusus perawatan paliatif di Rumah Sakit Orange.
 
Koordinator Dying with Dignity kota Orange, Bev Alexander-Fisher, mengatakan, dukungan untuk melakukan eutanasia yang didampingi sekarang ini terus meningkat dan kelompoknya benar-benar berharap UU yang mengatur ketentuan mengenai eutanasia akan segera disahkan.
 
"Dengan demikian, warga bisa memiliki pilihan, terutama mengenai bagaimana dia hendak mengakhiri hidupnya," katanya.
 
"Sudah beberapa kali usaha ini kita lakukan untuk meloloskan undang-undang itu, tetapi hingga kini belum disetujui. Namun, kita meyakini kalau eutanasia merupakan pilihan warga dan ada banyak warga di masyarakat yang berniat melakukannya dan kita meyakini kalau keinginan dan harapan warga itu harus diakomodasi."
 
Dying with Dignity menyelenggarakan pertemuan publik di Orange, Kamis (27/11/2014), membahas wasiat, merencanakan kematian, perawatan langsung, dan upaya memperbaiki perawatan paliatif di Orange.
 
Alexander-Fisher mengatakan, persiapan lain yang juga penting dalam merencanakan kematian adalah dengan melakukan perawatan langsung.
 
"Perawatan seperti apa yang Anda inginkan terhadap sakit parah Anda atau jika Anda menderita stroke yang mematikan atau serangan jantung, apakah Anda ingin mendapatkan bantuan pernapasan, atau apakah Anda hanya ingin mendapatkan perawatan paliatif saja," katanya.
 
"Masa-masa seperti itu merupakan waktu yang kerap membuat keluarga tertekan, tetapi dengan adanya pengarahan dari pasien ketika masih sehat, itu akan meringankan beban keluarga."
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com