Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Kumpulan Drama Shakespeare yang Langka Ditemukan

Kompas.com - 27/11/2014, 16:00 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Buku Shakespeare First Folio yang langka dan sangat berharga ditemukan di sebuah kota kecil di Perancis.

Buku yang dipandang paling penting dalam khazanah kesusastraan Inggris itu ditemukan setelah tersimpan di sebuah perpustakaan kota Saint Omer, dekat Calais, Perancis utara, selama 200 tahun.

Buku bersejarah ini ditemukan pustakawan yang sedang merencanakan pameran mengenai kaitan sejarah kawasan tersebut dengan Inggris.

"Sejumlah halaman hilang, termasuk halaman judul," kata pustakawan Remy Cordonnier kepada media.

Hilangnya halaman pertama dan bagian pendahuluan, lanjut Cordonnier, kemungkinan menjadi penyebab mengapa buku ini dikelompokkan sebagai edisi tua yang tidak berarti.

Buku Shakespeare First Folio ini mengumpulkan 38 drama karya William Shakespeare yang dikenal umum untuk pertama kalinya. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1632, tujuh tahun setelah meninggalnya sastrawan ternama ini.

Karya ini diedit teman-teman dan sesama aktor John Heminges dan Henry Condell. Folio dipandang sebagai penyebab mengapa warisan sastra Shakespeare tetap hidup. Shakespeare First Folio adalah satu-satunya sumber dari 18 drama sastrawan Inggris ini, termasuk Macbeth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com