Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahannya Diragukan, Pria AS Dibebaskan Setelah 36 Tahun Dibui

Kompas.com - 25/11/2014, 10:25 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.COM - Seorang pria 68 tahun dibebaskan dari penjara di California, AS, Senin (24/11/2014), setelah 36 tahun berada di balik jeruji besi. Pembebasan dilakukan karena ada keraguan hakim atas vonisnya terkait kasus pembunuhan.

Michael Hanline dinyatakan bersalah tahun 1978 karena membunuh seorang pengendara sepeda motor JT McGarry dan dipenjara seumur hidup tanpa ada kemungkinan pembebasan bersyarat. Namun Hanline selalu menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah.

"Investigasi ... telah menemukan bukti baru yang menimbulkan keraguan atas kebenaran putusan juri," kata jaksa distrik Ventura County di utara LA, Gregory Totten.

Hanline, yang ditemui istrinya di luar penjara Solano, diperintahkan untuk memakai sebuah gelang elektronik sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut atas kasusnya, yang secara teori menghasilkan pengadilan ulang.

"Pengadilan belum membuat ketetapan bahwa ia tidak bersalah," kata Michael Schwartz, juru bicara kantor kejaksaan Ventura kepada AFP. Schwartz menegaskan bahwa Hanline "masih didakwa telah melakukan pembunuhan."

Dia menambahkan, sebuah sidang pengadilan telah dijadwalkan akan digelar pada 27 Februari tahun depan untuk memutuskan apakah akan menggelar pengadilan ulang atas kasus itu.

McGarry hilang dari rumahnya pada November 1978, dan beberapa hari kemudian, tubuhnya yang penuh peluru ditemukan di dekat jalan sekitar 50 kilometer dari rumahnya. Hanline ditangkap setelah sebuah penyelidikan yang berlangsung selama beberapa minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com