Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Sosial Identifikasi Korban Pemenggalan ISIS

Kompas.com - 18/11/2014, 16:48 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Media massa pro dan anti-pemerintah di Suriah telah memastikan pemenggalan belasan orang yang muncul dalam video terbaru yang dirilis Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Media Suriah menyebut lebih dari lima orang korban pemenggalan massal itu adalah personel angkatan darat Israel. Demikian dikabarkan harian terbitan Lebanon, Daily Star, Selasa (18/11/2014).

Video mengerikan itu juga memperlihatkan kematian seorang pekerja sosial yang juga mantan anggota pasukan Ranger AS, Peter Kassig.

Media Suriah yang pertama kali membahas soal video pemenggalan ISIS itu adalah harian Al-Watan. Sementara itu, kantor berita Suriah, SANA, mengabarkan pemenggalan itu beberapa jam setelah Al-Watan.

Namun, SANA dalam pemberitaannya lebih fokus terhadap para warga negara Barat yang diyakini ikut menjadi eksekutor dalam pemenggalan itu dan menyebut warga Suriah sebagai sandera dan tak menyebut mereka sebagai anggota militernya.

Sementara itu, media sosial dan berbagai forum internet, beberapa di antaranya pro-pemerintah, mencoba mengidentifikasi para korban. Salah satu korban pemenggalan yang bisa diidentifikasi adalah Kopral Aktham Khatib yang berasal dari desa Safarqieh di Latakia.

Empat orang lainnya juga berhasil diidentifikasi sejumlah forum internet. Mereka yang teridentifikasi adalah Abdo Tohme dan Ghaith Mahanna dari Provinsi Homs. Dua orang lainnya adalah Issa Iskandar dan Wissam Attar dari Provinsi Hama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com