Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Frustrasi, Anjing Laut di Antartika Kawini Penguin

Kompas.com - 18/11/2014, 15:50 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Situasi ternyata bisa memanas di iklim dingin sub-Antartika. Di sebuah pulau terpencil dan sepi, kawanan anjing laut tertangkap melakukan perilaku seksual ekstrem.

Mereka terekam kamera saat memaksa kawin dengan sekelompok penguin. Dalam satu kesempatan, lebih dari satu ekor anjing laut tertangkap sedang melakukan hubungan seks.

Perilaku kawanan anjing laut itu direkam dalam bentuk film dan rinciannya diterbitkan dalam jurnal Polar Biology. Hal itu mungkin terjadi sebagai bentuk pelampiasan rasa frustrasi seksual.

Bagi sejumlah ilmuwan yang merekam peristiwa ini, perilaku seksual anjing laut itu bukanlah suatu kejutan.

Pada tahun 2006, untuk pertama kalinya mereka melihat seekor anjing laut bersenggama dengan seekor penguin raja, di Marion Island, sebuah pulau sub-Antartika yang merupakan rumah bagi kedua spesies tersebut.

Mereka menerbitkan rincian kejadian itu dan berspekulasi bahwa hubungan seks pada saat itu mungkin adalah sebuah perilaku frustrasi oleh seekor anjing laut berpengalaman secara seksual, atau sebuah perilaku agresif, tindakan predator. Bisa juga itu hanya untuk bermain-main yang kemudian berubah menjadi perilaku seksual.

Namun, ada sejumlah kejadian baru yang masih membuat para ilmuwan merasa terkejut. Penemuan itu dipublikasikan dalam penelitian yang berisi tentang "Penguin raja (Aptenodytes patagonicus) mendapat pelecehan seksual oleh sekelompok anjing laut berbulu Antartika (Arctocephalus Gazella)".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com