Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Australia: Retno Marsudi Teman Baik Saya

Kompas.com - 17/11/2014, 05:41 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.com – Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan bahwa Menlu Indonesia yang baru, Retno LP Marsudi, adalah teman baiknya.

Ditemui di sela-sela perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Brisbane, Julie mengatakan bahwa ia sudah lama mengenal Retno.

“Ia adalah teman baik saya dari dulu. Saya sudah bertemu dengannya beberapa kali sejak ia masih menjadi Duta Besar Belanda,” tuturnya Minggu sore (16/11/2014) di gedung Brisbane Convention and Exhibition Center, tempat KTT G-20 berlangsung selama dua hari.

Selain Retno, Presiden Joko Widodo juga membawa Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto dan pengamat politik Rizal Sukma. Lebih dari 4.000 delegasi dari 20 negara dan 2.500 awak media berada di ibu kota negara bagian Queensland ini.    

“Karena teman baik, tentu saya bisa bekerja-sama dengan baik dengannya,” tutur Julie menjawab pertanyaan Kompas.com tentang menteri luar negeri wanita yang pertama ini.  

Penyelundupan manusia menjadi salah satu ganjalan dalam hubungan Indonesia-Australia. Awal tahun ini isu tentang penyadapan telepon mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sempat merenggangkan hubungan kedua negara.

Jokowi kembali ke tanah air Minggu malam (16/11/2014) setelah melakukan perjalanan perdana ke luar negeri selama seminggu, kurang dari sebulan sejak pelantikannya pada 20 Oktober. Jokowi menyusun kabinetnya seminggu setelah dilantik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com