Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul dalam Video Perkawinan Gay, 8 Pria Mesir Dipenjara

Kompas.com - 02/11/2014, 00:05 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Pengadilan di Mesir, Sabtu (1/11/2014), menjatuhkan hukuman penjara tiga tahun untuk delapan orang pria yang muncul dalam sebuah video yang diduga adalah pernikahan gay.

Kedelapan terdakwa menyangkal tuduhan memicu perbuatan tidak senonoh dan menyinggung moralitas masyarakat. Video yang diunggah ke situs YouTube pada September lalu itu memperlihatkan dua pria bertukar cincin di atas sebuah kapal di sungai Nil.

Hukuman penjara yang dijatuhkan pengadilan dikecam keluarga para terdakwa, seperti dilaporkan kantor berita Reuters. Wartawan BBC di Timur Tengah, Sebastian Usher melaporkan kelompok Islamis menggerakkan kecaman terhadap video tersebut.

Mereka mengatakan hal ini menunjukkan rendahnya standar moral sejak Presiden Mohammed Morsi yang didukung Ikhwanul Muslimin dilengeserkan dalam sebuah kudeta tahun lalu.

Pemerintahan baru Mesir yang dipimpin Presiden Abdul Fattah al-Sisi, kemungkinan ingin menunjukkan kepada warga Mesir bahwa mereka dapat bersikap konservatif pada sejumlah masalah kemasyarakatan.

Meskipun homoseksual tidak melanggar hukum di Mesir, hal ini masih dianggap tabu. Penggerebekan polisi terhadap tempat-tempat gay meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com