Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Peshmerga Sudah Masuki Kota Kobani

Kompas.com - 30/10/2014, 22:00 WIB
ANKARA, KOMPAS.com — Kelompok pertama pasukan Peshmerga Kurdi sudah memasuki kota Kobani, Suriah, Kamis (30/10/2014), yang dikepung pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Kelompok pertama sudah berada di sini (Kobani) untuk merencanakan strategi kami ke depan," kata Meryem Kobane, seorang komandan pasukan Kurdi Suriah, YPG, yang mempertahankan kota perbatasan itu.

Sementara itu, Hemin Hawrami, seorang pejabat senior Partai Demokratik Kurdi di Irak, lewat akun Twitter-nya, mengatakan, pasukan Peshmerga yang sudah berada di Kobani kini tengah membantu penempatan senjata-senjata berat yang mereka bawa.

Sekitar 100 anggota Peshmerga tiba di Turki dengan menggunakan pesawat terbang pada Rabu (29/10/2014), bergabung dengan konvoi kendaraan Peshmerga yang membawa persenjataan berat, termasuk meriam dan truk yang dilengkapi senapan mesin kaliber besar.

Seorang koresponden Reuters melaporkan di sebuah tempat yang dilindungi pasukan Turki di kota perbatasan Suruc, para pejuang Peshmerga mempersiapkan diri, termasuk mempersiapkan persenjataan mereka.

Pengepungan kota Kobani yang dalam bahasa Arab dikenal dengan nama Ain al-Arab itu sudah memasuki hari ke-40. Meski telah melakukan serangkaian serangan udara, AS dan sekutunya gagal mengusir pasukan ISIS dari kota tersebut.

Pasukan Kurdi Suriah sejauh ini masih mampu bertahan meski separuh wilayah kota itu sudah jatuh ke tangan ISIS. Mereka berharap kedatangan pasukan Peshmerga dari Irak mampu mengubah jalannya pertempuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com