Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Bantu Pejuang Kurdi Bertempur di Kobani

Kompas.com - 20/10/2014, 18:08 WIB
ANKARA, KOMPAS.COM - Turki, Senin (20/10/2014), mengatakan, pihaknya sedang membantu para pejuang Peshmerga Kurid Irak menyeberangi perbatasan guna bergabung pasukan Kurdi Suriah dalam memerangi kaum militan ISIS di kota Kobani, Suriah.

"Kami sedang membantu pasukan Peshmerga menyeberang ke Kobani," kata Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, kepada wartawan di Ankara. Dia menambahkan, pembicaraan tentang masalah itu sedang berlangsung tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. "Kami sama sekali tak ingin melihat Kobani jatuh (ke tangan kaum militan)," tambahnya.

Pengumuman tersebut memperlihatkan perubahan penting pihak Turki, yang hingga saat ini menolak untuk mengizinkan para pejuang Kurdi menyeberangi perbatasan guna bergabung dalam pertempuran di Kobani yang hanya beberapa kilometer dari perbatasan Turki.

Militer Turki telah terlibat dalam konflik selama 30 tahun dengan para pejuang Kurdi dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang berperang untuk memperoleh pemerintahan sendiri. Peperangan antara militer Turki dan PKK telah menyebabkan 40.000 orang tewas.

Namun Turki dalam tahun-tahun terakhir telah membangun hubungan yang kuat dengan otoritas Kurdi di wilayah Kurdistan Irak yang mengontrol pasukan Peshmerga.

Tampaknya bahwa walau ada kesepakatan terkait Peshmerga itu, Turki masih akan menutup akses bagi setiap pejuang PKK memasuki Suriah.

Turki telah berada di bawah tekanan yang terus meningkat selama satu bulan terakhir. Turki telah diharapkan untuk meningkatkan dukungannya bagi koalisi internasional dalam melawan kaum militan ISIS. Namun sejauh ini, Ankara menolak untuk menggunakan pasukannya sendiri atau bahkan mengizinkan pasukan AS menggunakan pangkalan udara Incirlik di Provinsi Adana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com