Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Putri Obama, Malala, dan Lorde Masuk Nominasi Remaja Paling Berpengaruh

Kompas.com - 14/10/2014, 05:11 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis


LOS ANGELES, KOMPAS.com - Kedua putri Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, yang bernama Malia dan Sasha masuk nominasi remaja paling berpengaruh versi Time. Hal tersebut dilansir majalah Time, Senin (13/10/2014).

Dalam nominasi tersebut, Malia dan Sasha bersaing dengan pemenang Grammy asal Selandia Baru Lorde dan pemenang Nobel Malala Yousafzai.

Selain itu, masih ada sederet nama artis, pemain baseball, dan juga aktivis pendidikan asal Pakistan dalam daftar nominasi untuk kategori remaja perempuan.

Majalah Time menyebutkan bahwa daftar tersebut menghimpun 25-29 remaja, mencakup kelompok bersaudara dan rekan, dengan menganalisis akun sosial media yang mereka ikuti, kesuksesan karier, dan kebudayaannya. Di antara nama-nama tersebut, Sasha Obama menjadi nominator termuda bersama dengan Mo'ne Davis yang memiliki usia sama, yakni 13 tahun.

Davis adalah pemain baseball yang mengantarkan tim baseballnya ke seri liga dunia dan dimuat di sampul majalah Sport Ilustrated. Selain itu, ada juga penulis fashion, Tavi Gevinson (18), yang juga merupakan penggagas majalah online Rookie. Ia tercatat sebagai simbol dari remaja modern di era internet.

Sementara itu, juga ada aktivis transgender Jazz Jennings (14) dan aktivis pro demokrasi Hongkong Joshua Wong (18) yang tercatat dalam daftar tersebut.

Nominatornya didominasi oleh atlit, aktor, dan penyanyi. Nominator berlatar belakang atlit antara lain pemain golf Lydia Ko (17) dan anggota tim nasional pesepeda Afganistan Salma Kakar (17). Sedangkan yang berlatar belakang penyanyi ada Becky G (17), Austin Mahone (18), dan Shawn Mendes (16).

Sejumlah nama dalam daftar nominasi yang berlatar belakang aktor yaitu Kiernan Shipka (14), Rico Rodriguez (16), Chloe Grace Moretz (17), Rachel Fox (18). Selain itu, ada pula kedua anak aktor Will Smith, Jaden Smith (16) dan Jada Pinkett Smith, bintang reality show 'The Jenner Sisters' Kendall (18) dan Kyle (17).

Tak hanya itu, beberapa remaja dalam daftar tersebut juga ada yang berkecimpung di dunia bisnis dan entrepreneur. Seperti Erik Finman (15) yang merupakan penggagas situs online tutoring Botangle.com; bintang fashion di Youtube Bethany Mota (18); trio 'Irish', Ciara Judge (16), Emer Hickey (17) dan Sophie Healy-Thow (17) atas penemuan bakteri yang menyimpan nitrogen dari atmosfir menjadi tanah.

Selain itu, ada koki remaja bernama Flynn McGarry (15); pelakon Vine video di Twitter Nash Grier (16); penggagas perusahaan pakaian Yellowberry yang membuat bra untuk remaja; dan bintang Youtube asal Afrika-Australia bernama Troye Sivan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com