Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Terjangkit Ebola, Pria Inggris Meninggal Dunia di Mecedonia

Kompas.com - 10/10/2014, 13:43 WIB
SKOPJE, KOMPAS.com - Otorita kesehatan Macedonia masih menunggu hasil tes yang dilakukan di sebuah laboratorium Jerman terkait warga Inggris yang meninggal dunia di ibu kota Skopje setelah menunjukkan gejala mirip ebola.

Jovanka Kostovska, seorang pejabat senior di kementerian kesehatan Macedonia, pada Kamis (9/10/2014) malam mengatakan pihaknya belum bisa memastikan apakan pebisnis berusia 56 tahun itu meninggal dunia akibat penyakit mematikan tersebut.

Jovanka menambahkan, gejala penyakit yang diderita pria itu termasuk demam tinggi serta informasi bahwa dia kerap mengkonsumsi alkohol, bisa jadi mengarah ke penyakit lain.
Meski demikian, lanjut Jovanka, gejala lainnya seperti pendarahan dalam dan kematian mendadak setelah tiga hari menderita sakit perut sangat mirip dengan gejala ebola.

Tiga hari lalu, pria Inggris itu mengeluhkan rasa sakit di bagian perutnya dan menolak menyantap makanan yang disajikan hotel Super 8 di pusat kota Skopje. Namun, pria itu tidak mau memeriksakan diri ke rumah sakit.

Pada Kamis pagi, kondisi kesehatan pria itu terus menurun dan staf hotel akhirnya memanggil layanan darurat rumah sakit. Pria itu dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi panas tinggi dan meninggal dunia satu jam setelah tiba di Klinik Penyakit Infeksi Skopje.

Rekan pria Inggris itu, yang tinggal di hotel yang sama, kini dirawat di rumah sakit setelah menunjukkan gejala serupa dengan mendiang rekannya. Sedangkan para tamu lain dan staf hotel dievakuasi dan menjalani tes kesehatan, sementara hotel itu ditutup aparat berwenang.

"Meski potensi bahwa penyeban kematian pria Inggris itu bukan ebola sangat besar namun kami harus melakukan semua prosedur hingga mendapatkan hasil tes dari laboratorium di Jerman," kata Jovanka.

Pada Kamis malam puluhan polisi dan petugas kesehatan yang mengenakan pakaian khusus menjaga hotel yang terletak di pusat kota Skopje, tak jauh dari kawasan bersenjata Bitpazar dan sungai Vardar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com