Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhan Korsel: Kim Jong Un Tidak Ada di Pyongyang

Kompas.com - 07/10/2014, 18:14 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Sudah satu bulan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tidak muncul di acara-acara publik dan kenegaraan. Absennya pemimpin muda itu menimbulkan banyak spekulasi.

"Sejauh yang saya tahu, dia (Kim) tinggal di sebuah istana di sebelah utara Pyongyang," kata Menteri Pertahanan Korea Selatan Han Min-koo tanpa merinci pernyataannya.

"Saya menerima informasi yang dapat dipercaya dari markas intelijen pertahanan kami," tambah Han seperti dikutip kantor berita Yonhap, Selasa (7/10/2014).

Tidak jelasnya keberadaan Kim Jong Un juga menjadi perbincangan saat tiga pejabat senior Korea Utara berkunjung ke Korea selatan beberapa hari lalu.

Menteri Unifikasi Korea Selatan Ryoo Kihl-jae, yang melakukan pembicaraan dengan delegasi Korea Utara itu, mengatakan salah anggota delegasi Kim Yang Gon menegaskan Kim Jong Un dalam kondisi yang baik.

"Tak ada yang salah dengan kondisi kesehatan Sekretaris Kim," kata Ryoo mengutip pernyataan Kim Yang Gon.

Pernyataan Kim Yang Gon, yang adalah pemimpin departemen urusan Korea Selatan, merupakan pernyataan pertama pejabat senior Korea Utara terkait kondisi Kim Jong Un.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi mengapa Kim Jong Un tidak muncul lagi di muka publik sejak menghadiri sebuah konser musik pada 3 September lalu bersama istrinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com