Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Ebola, MSF Bagikan Disinfektan di Liberia

Kompas.com - 03/10/2014, 22:35 WIB
MONROVIA, KOMPAS.com - Tim Dokter Lintas Batas (MSF) mulai membagikan lebih dari 50.000 perlengkapan pelindung rumah tangga dan alat desinfeksi di Monrovia, ibu kota Liberia untuk mendukung penanganan wabah ebola.

Perlengkapan yang dibagikan ini dirancang untuk memberikan perlindungan dasar jika seorang anggota keluarga jatuh sakit. Di samping itu, peralatan ini juga berguna membersihkan rumah mereka, sehingga mengurangi risiko kontaminasi ebola di dalam rumah.

“Kami tahu perlengkapan ini bukan solusi untuk mengatasi krisis Ebola di Monrovia. Namun, besarnya skala epidemi saat ini dan kurangnya penanganan di lapangan memaksa kami untuk mengambil langkah-langkah yang belum pernah kami lakukan sebelumnya," ujar Anna Halford, koordinator distribusi MSF.

Perlengkapan yang dibagikan MSF itu terdiri atas dua buah ember berisi klorin, sabun, sarung tangan, jubah, kantong plastik, botol semprotan, dan masker. Pesan-pesan tentang cara menjaga kesehatan di tengah wabah dan instruksi pemakaian peralatan itu juga disertakan.

MSF memulai distribusi dengan memberikan perlengkapan tersebut kepada warga yang terpaksa ditolak dari pusat penanganan MSF karena terbatasnya kapasitas. Perlengkapan itu juga dibagikan untuk mereka yang menjalin kontak dengan pasien ebola serta mereka yang bekerja dan tinggal berdekatan dengan pusat penanganan ebola MSF.

“Perlengkapan ini tidak dirancang agar orang-orang bisa merawat pasien Ebola di rumah,” Laurence Sailly, Kepala Misi MSF di Monrovia menjelaskan. “Untuk bisa merawat (pasien) dengan aman, mereka memerlukan pelatihan intensif dan bantuan. Tetapi setidaknya perlengkapan ini bisa melindungi orang dari anggota keluarga yang sakit untuk waktu yang sebentar sampai mereka dirawat di pusat perawatan.”

Distribusi massal sudah dimulai sejak Kamis (25/9/2014) dan akan berlangsung hingga 6-8 pekan. Sejauh ini, MSF sudah mendistribusikan lebih dari 16.000 perlengkapan. Untuk mendistribusikan perlengkapan ini, MSF bekerja dengan pimpinan komunitas untuk memberikan token yang akan ditukarkan dengan perlengkapan pelindung rumah tangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com