Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Ontake di Jepang Meletus, 7 Orang Hilang

Kompas.com - 28/09/2014, 00:16 WIB
TOKYO, KOMPAS.com - Gunung Ontake di Jepang meletus pada Sabtu (27/9/2014), mengakibatkan puluhan pendaki gunung terjebak. Selain itu tujuh orang dinyatakan hilang dan 40 orang di sekitar gunung tersebut terluka.

Sohei Hanamura, seorang petugas badan manajemen krisis di prefektur Nagano mengatakan, korban luka tidak mampu turun dari gunung yang memiliki ketinggian 3.067 meter itu dan memilih bertahan di gubuk-gubuk yang ada di gunung itu.

"Sebanyak 32 orang terluka serius termasuk tujuh orang yang kehilangan kesadaran," ujar Hanamura.

Para petugas kepolisian, militer dan pemadam kebakaran akan mencoba memasuki kawasan bencana dengan berjalan kaki pada Minggu (28/9/2014) pagi. Jalan kaki dipilih karena abu yang dihasilkan gunung itu terlalu berbahaya bagi helikopter.

Gunung Ontake meletus sebelum tengah hari yang cerah di musim gugur dengan menghasilkan suaran ledakan yang sangat keras. Akibatnya, asap dan abu dimuntahkan ke udara sehingga wilayah di sekitar gunung itu kini diselimuti debu.

Sejumlah letusan lebih kecil masih terus berlangsung hingga Sabtu malam. Sebanyak 250 orang sempat terjebak di lereng gunung itu namun sebagian besar dari mereka berhasil menuruni gunung pada Sabtu malam.

Gunung Ontake terletak 210 kilometer sebelah barat Tokyo dan berada di perbatasan prefektur Nagano dan Gifu, di pulau Honshu. Terakhir kali gunung ini meletus adalah pada 1979.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com