Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imam Masjid Tasmania Anggap ISIS Tidak Paham Islam

Kompas.com - 19/09/2014, 17:18 WIB

HOBART, KOMPAS.com — Sabri Samson, imam Masjid Hobart di Tasmania, Australia, Jumat (19/9/2014), menyatakan kelompok yang menamakan diri sebagai Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tidak ada hubungannya dengan Islam.

Dia bahkan menyayangkan anak-anak muda Muslim yang memilih bergabung dengan kelompok ekstremis tersebut. "Itu semua hanya politik," tuturnya kepada ABC. "Sangat menyedihkan karena ada anak-anak muda yang mempromosikan Islam dengan cara seperti itu."

Sabri mengaku sedih karena sejumlah anak muda Australia tergerak untuk bergabung dengan ISIS dan pergi ke Irak dan Suriah.

Menurut dia, tindakan anak-anak muda Muslim Australia tersebut tampaknya justru disebabkan  ketidaktahuan mereka tentang Islam.

"Mereka tahu sedikit tentang Islam. Mereka tidak tahu apa artinya jihad. Mereka tidak paham Islam itu seperti apa," kata Sabri.

"Kata jihad itu artinya berjuang sekuat tenaga dalam setiap usaha yang Anda lakukan," dia menegaskan.

"Misalnya, berusaha keras menahan godaan untuk berbuat jahat atau untuk memakan makanan yang akan membuat Anda tidak sehat," tambah Sabri.

Ia mengatakan, jihad bukanlah sesuatu yang berkaitan dengan membunuh orang. Sabri Samson menambahkan, komunitas Muslim di Hobart bukan merupakan ancaman bagi masyarakat di sana.

"Hobart sangat damai, dan dari apa yang saya ketahui, ISIS sama sekali tidak berpengaruh di kalangan anak-anak muda di sini. Namun, memang saya tidak tahu isi hati setiap orang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com